Wednesday, June 6, 2012

Euro 2012 Spanyol dan Jerman di Jagokan

Prediksi Piala Eropa 2012 - Jagoan Piala Euro 2012. Prediksi skor Piala Euro 2012. Demam sepakbola kembali menjangkiti warga dunia karena Piala Eropa 2012 tinggal sehari lagi--pertandingan perdana antara Polandia Vs Yunani pada Jumat, 8 Juni 2012. Tak terkecuali masyarakat Indonesia. Meski persepakbolaan Tanah Air ‘suram’ tapi pecinta sepakbola mulai megadang-gadang timnas favoritnya.

Spanyol dan Jerman lah yang dijagokan bertemu di babak final turnamen sepak bola Piala Eropa 2012, yang akan berlangsung di Polandia dan Ukraina. Belanda juga dianggap sebagai favorit juara dalam pertandingan empat tahunan itu, sedangkan Prancis disebut sebagai Tim Kuda Hitam.

Pertemuan Spanyol dan Jerman di partai final diramalkan oleh Presiden Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) Michel Platini. Legenda sepak bola asal Prancis itu membedakan tim favorit sebagai tim yang bisa menang dan yang sulit dikalahkan. Jerman dan Spanyol dianggap memenuhi kedua kategori itu. "Jerman berisi pemain muda dan Spanyol akan mati-matian mempertahankan gelar mereka," katanya, Senin lalu.

Spanyol akan tampil pada turnamen yang diikuti 16 tim itu sebagai juara bertahan, juga sebagai juara Piala Dunia 2010. Adapun Jerman akan tampil sebagai runner-up Piala Eropa 2008 dan peraih urutan ketiga Piala Dunia 2010. Kedua tim itu sama-sama menorehkan rekor sempurna--terus menang--pada babak kualifikasi lalu.

Catatan sempurna di babak kualifikasi juga diraih Belanda. Tak aneh bila Lothar Matthaus, legenda sepak bola asal Jerman, menempatkan tim ini sebagai salah satu favorit juara. "Di luar Jerman, Spanyol juga akan sangat mewaspadai armada Belanda yang memiliki pemain seperti Robin van Persie dan Arjen Robben yang tampil luar biasa di musim ini," katanya.

Matthaus juga menyebut Italia dan Prancis sebagai tim yang selalu bisa meningkatkan performanya selama turnamen besar. "Itulah sebabnya, mereka selalu bisa melekatkan diri dalam sejarah Piala Eropa dan Piala Dunia."

Prancis, yang tersingkir di babak awal Piala Eropa lalu dan Piala Dunia 2010, mampu tampil tak terkalahkan dalam 20 laga terakhirnya. Maka tim asuhan Laurent Blanc itu disebut sebagai kuda hitam dalam turnamen kali ini.

Adapun persiapan tim Italia sempat terganggu oleh terungkapnya kasus pengaturan skor di liga domestik Negeri Pizza. Skandal itu membuat Domenico Criscito, yang dianggap terlibat, dicoret dari skuad Italia. Tapi skandal serupa ini sebelumnya justru mampu membuat Italia lebih padu sehingga berhasil menjuarai Piala Dunia 2006.

Salah satu tim besar lainnya, Inggris, akan tampil dengan membawa banyak masalah, termasuk kehilangan tiga pemain kuncinya karena cedera. Platini menempatkan tim asuhan Roy Hodgson itu sebagai tim ‘kategori kedua’. "Absennya Wayne Rooney di dua pertandingan pertama akan berdampak buruk," katanya.

Sementara Gubernur Jawa Timur dan wakilnya memiliki jagoan berbeda dalam Piala Eropa 2012 ini. Soekarwo memilih Spanyol yang akan keluar sebagai juara pada Piala Eropa edisi ke-14 tersebut. sedangkan Saifullah Yusuf lebih cenderung menjagokan Steven Gerrard dkk.

Pakde Karwo memprediksi La Furia Roja (julukan timnas Spanyol) yang akan keluar sebagai jawara euro 2012 kali ini. “Saya jagokan spanyol keluar sebagai juara Euro besok,” ujarnya. Permainan tiki-taka Spanyol menurutnya belum tertandingi oleh tim manapun. Status Spanyol sebagai juara bertahan juga menjadikan memiliki poin tersendiri di mata Gubernur Jawa Timur tersebut.

Sementara itu Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf menjagokan The Three Lions (julukan timnas Inggris) yang akan keluar sebagai juara. Di final yang akan diselenggarakan di Olympic stadium di kota Kiev, Inggris diprediksikan oleh Gus Ipul akan menghadapai La Furia Roja (Spanyol). “Saya prediksi Inggris yang akan menang di Piala Eropa besok,” ujarnya.

Menurut Gus Ipul, gelandang Chelsea Frank Lampard dan juga striker Manchaster United Wayne Rooney yang akan menjadi bintang Tim Tiga Singa pada perhelatan sebak bola terakbar di benua biru tersebut.

Hal senada diungkapkan Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Saan Mustofa Inggris tetap akan tampil trengginas. "Ini tahunnya Inggris," katanya. 

Saan mengaku menyukai gaya permainan tim Inggris yang dikenal dengan kick and rush. Perpaduan antara pemain tua seperti Steven Gerrard dengan pemain muda seperti Alex Oxlade Chamberlain, Ashley Young, dan Danny Welbeck, akan makin membuat permainan Inggris berwarna.

Cederanya sejumlah pilar Inggris dan larangan bermain di dua pertandingan awal Wayne Rooney, menurut Saan tak akan mempengaruhi performa skuad The Three Lions. Bahkan, pada laga awal melawan Perancis, penyuka klub Liverpool ini yakin Inggris akan menang. "2-1 untuk Inggris," kata dia.

Siapa lawan terberat Inggris? Saan mengatakan kompetitor terberat skuad asuhan Roy Hodgson hanya Jerman. Karena itu, ia pun berharap keduanya bertemu di laga pamungkas. "Saya harap finalnya Inggris versus Jerman," kata dia. Soal kans sang juara bertahan Spanyol, "Tahunnya Spanyol sudah lewat."

Terkait ‘lewatnya era Spanyol’ juga diungkapkan gelandang penyerang Jerman, Mesut Ozil. Dia optimistis negaranya lah bakal berkibar sebagai juara pada kompetisi Piala Eropa 2012. "Firasat saya mengatakan begitu," kata dia kepada media setempat, Bild. "Lagipula kalau kami tidak mengincar posisi juara, ya, buat apa juga berangkat."

Barca-Madrid Berseteru
Rivalitas klasik terjadi di tubuh timnas Spanyol yang diisi kubu Real Madrid dan Barcelona menjelang laga Euro 2012. Perseteruan kedua klub raksasa Spanyol Madrid sangat mempengaruhi pembentukan skuad timnas Spanyol.

Konflik internal kian meruncing dipicu gelandang asal Barcelona, Xavi Hernandez melontarkan pernyataan yang memicu ketegangan kedua kubu.

Xavi disebut-sebut memprovokasi para pemain asal Real Madrid yang tergabung dalam timnas Spanyol. Ia mengulang komentar yang pernah dilontarkannya pada Januari dan April soal penampilan para pemain Barcelona."Kami mengucapkan selamat atas kemenangan mereka," katanya kepada stasiun televisi Canal+. "Inilah olah raga. Kami harus menghormati mereka, meskipun hal itu tidak terjadi sebaliknya," katanya pula seperti dikutip Soccernet.

Kondisi tersebut memaksa pelatih timnas Spanyol Vicente Del Bosque menegaskan bahwa tidak ada ketegangan yang merebak di tim asuhannya, terlebih hubungan antara Gerard Pique (Barcelona) dan Sergio Ramos (Real Madrid).

"Jika Pique dan Ramos berbuat macam-macam, mereka akan disingkirkan," kata Del Bosque. "Mereka masih muda dengan sejumlah perbedaan, meski kami tidak punya masalah soal itu."

Timnas Spanyol di ajang Piala Eropa 2012 kini dihuni oleh tujuh pemain asal Barcelona dan lima pemain asal Real Madrid. Soal ini kerapkali memengaruhi atmosfer kekompakan tim.

No comments:

Post a Comment